Blog Archive

Saturday, September 23, 2017

Tema 2 kelas 5 subtema 1 pembelajaran 5

Siswa-siswi kelas V sedang duduk berkumpul dan memperhatikan gambar kemenangan Garuda Muda dalam pertandingan sepak bola. Peristiwa kemenangan tim Garuda Muda ini membawa kebahagiaan tersendiri bagi siswa-siswa SD Nusantara.

Mengoper Bola
Mengoper bola dalam permainan bola basket terdiri atas berbagai teknik. Mengoper dengan melempar di atas kepala, mengoper dengan melempar sejajar dada, dan mengoper dengan melempar memantulkan ke lantai. Ketiga teknik mengoper ini bertujuan memberikan bola dengan cepat dan
akurat kepada teman satu tim di dalam permainan. Oleh karena itu, semua operan ini biasanya dilakukan dengan cepat dan tak terduga oleh lawan.

Mengoper dari atas kepala dan sejajar dada harus dilakukan dengan teknik yang benar. Pegang bola dengan kedua telapak tangan dan jari-jari membuka lebar. Operlah bola dengan cepat dan dengan kekuatan yang diperhitungkan secara akurat agar dapat diterima teman satu tim. Mengoper dengan cara memantulkannya ke lantai, dilakukan dengan syarat, yaitu bola hanya memantul satu kali ke lantai.

Ayo Bacalah
PENTINGNYA AIR DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Hari ini cuaca sangat cerah. Matahari memancarkan cahaya dan suhu panasnya sepanjang hari. Murid-murid yang bermain di halaman sekolah tampak gembira. Mereka tetap bermain, tidak terganggu oleh sengatan matahari. Ketika bel tanda istirahat berbunyi, murid-murid berlari ke arah kelas masing-masing. Setiap murid mencari botol air minumnya. Mereka merasa kehausan setelah bermain di bawah teriknya matahari.

Edo dan teman-temannya juga bergegas menuju kelas mereka. Mereka baru saja bermain permainan bola basket yang seru. Setelah minum, mereka pergi ke toilet untuk membasuh muka dan mencuci tangan, agar badan terasa lebih segar. Di sana sudah ada beberapa teman sedang mencuci bola basket yang kotor. Mereka menampung air ke dalam ember milik penjaga sekolah, untuk mencuci bola basket. Ember itu juga sering digunakan oleh penjaga sekolah untuk menampung air guna menyiram tanaman di sekolah. Ember itu juga dipakai untuk mencuci barangbarang laboratorium sekolah setelah digunakan.

Dalam perjalanan menuju ke kelas, Edo dan kawan-kawannya mengagumi tanaman dan bunga yang tampak bermekaran. Bunga-bunga itu ditanam oleh siswa-siswa kelas VI di dalam wada-wadah berisi air. Tanaman yang ditanam di dalam air disebut tanaman hidroponik. Di hari yang sangat panas ini, sungguh terasa bahwa keberadaan air sangat penting dalam banyak aspek kehidupan di sekolah.

Dari bacaan di atas, dapatkah kamu temukan kegiatan-kegiatan yang membutuhkan air?
Kegiatan-kegiatan yang membutuhkan air antara lain sebagai berikut.
  1. Setiap murid mencari botol air minumnya. Mereka merasa kehausan setelah bermain di bawah teriknya matahari.
  2. Edo dan teman-temannya pergi ke toilet untuk membasuh muka dan mencuci tangan. 
  3. Beberapa teman sedang mencuci bola basket yang kotor. 
  4. Menampung air guna menyiram tanaman di sekolah dan mencuci barang-barang laboratorium sekolah setelah digunakan.

Ayo Amati
Pengamatan dan wawancara
Kamu tentu sudah mengetahui bahwa air sangat diperlukan dalam kehidupan kita. Banyak bagian dalam kehidupan kita tidak dapat berjalan dengan baik tanpa air.

Dapatkah kamu menyebutkan beberapa contoh kegiatan sehari-hari kita yang memerlukan air? Bagaimana dengan kegiatan keseharian di sekolah? Mari, kita mencari tahu. Mari kita melakukan pengamatan dan wawancara di lingkungan sekolah. Kegiatan ini juga untuk mengumpulkan data tentang kegunaan air dalam kegiatan di sekolah.

Perhatikan tabel di bawah ini. Tabel ini dapat membantumu dalam kegiatan pengamatan dan wawancara.
No.Kegiatan yang DiamatiNarasumber
1.Kegiatan apa yang dilakukan bapak penjaga sekolah sepanjang hari dan menggunakan air?Bapak penjaga sekolah
2.Kegiatan apa yang dilakukan murid-murid di sekolah sepanjang hari dan menggunakan air?Beberapa orang murid
3.Kegiatan apa yang dilakukan selama proses pembelajaran di sekolah sepanjang hari dan menggunakan air?Beberapa orang guru
Catatan:
  1. Ingatlah untuk membuat catatan tentang hal-hal yang perlu diamati di dalam proses pengamatanmu. Hal itu dilakukan, agar proses pengamatan lebih terarah dan data yang dikumpulkan sesuai dengan tujuan pengamatan.
  2. Ingatlah untuk membuat beberapa pertanyaan sebagai pedomanmu sebelum melakukan wawancara agar wawancara dapat berjalan dengan lancar.
Kemungkinan apa yang akan terjadi pada setiap butir di bawah ini jika tidak ada air di sekolah kita?
No.Tempat / benda yang biasa berhubungan dengan air di sekolahPrediksiku
1.Rumput dan tanaman di sekolahRumput akan mati karena kekurangan air
2.Toilet sekolahBerbau dan mengganggu lingkungan
3.Peralatan laboratorium sekolah yang baru dipakaiKotor dan mungkin tidak bisa digunakan lagi
4.Lantai kelas dan koridor yang kotorSangat mengganggu kenyamanan belajar mengajar
5.Semua anggota komunitas sekolah yang kehausanMenyebabkan tenggorokan kering, susah berbicara
Cobalah kamu membuat sebuah gambar yang menceritakan sekolah yang terawat baik dan bersih karena air melimpah. Kamu boleh memilih salah satu bagian sekolah yang ingin kamu gambar.
Catatan :
  1. Perhatikan proporsi atau perbandingan besar dan letak benda-benda yang kamu gambar agar mendekati bentuk aslinya.
  2. Perhatikan juga komposisi warna yang kamu gunakan untuk mewarnai gambarmu. Komposisi warnamu akan membantu memberikan pesanmu kepada semua orang.
Setelah mempelajari kegunaan air dalam kehidupan, di akhir minggu, ibu guru memberikan tugas kepada semua siswa kelas V. Hal-hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan untuk kegiatan presentasi antara lain sebagai berikut.
No.Hal yang perlu dipersiapkanHal yang akan dinilai
1.Hasil pengamatan dan
wawancaramu di lingkungan
sekolah tentang kegunaan air.
  1. Persiapan wawancara dan pengamatan (pedoman wawancara dan pengamatan).
  2. Kelengkapan dan keragaman hasil wawancara dan pengamatan
2.Prediksi tentang keadaan
sekolah tanpa air.
  1. Kedekatan jawaban dengan kemungkinan yang terjadi
  2. Kelengkapan dan keberagaman prediksi yang dibuat
3.Gambar yang menceritakan
keadaan nyaman, bersih dan
terawat karena keberadaan air
di sekolah.?
  1. Proporsi bentuk
  2. Komposisi warna

No comments:

Post a Comment

nama :

       ANAK KECIL                               By : Sartika Anak kecil yang berusaha berjalan sendiri,, Tergopoh gopoh menahan tubuh,, ...