Mengoper Bola
Mengoper bola dalam permainan bola basket terdiri atas berbagai teknik. Mengoper dengan melempar di atas kepala, mengoper dengan melempar sejajar dada, dan mengoper dengan melempar memantulkan ke lantai. Ketiga teknik mengoper ini bertujuan memberikan bola dengan cepat dan
akurat kepada teman satu tim di dalam permainan. Oleh karena itu, semua operan ini biasanya dilakukan dengan cepat dan tak terduga oleh lawan.
Mengoper dari atas kepala dan sejajar dada harus dilakukan dengan teknik yang benar. Pegang bola dengan kedua telapak tangan dan jari-jari membuka lebar. Operlah bola dengan cepat dan dengan kekuatan yang diperhitungkan secara akurat agar dapat diterima teman satu tim. Mengoper dengan cara memantulkannya ke lantai, dilakukan dengan syarat, yaitu bola hanya memantul satu kali ke lantai.
Ayo Bacalah
PENTINGNYA AIR DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Hari ini cuaca sangat cerah. Matahari memancarkan cahaya dan suhu panasnya sepanjang hari. Murid-murid yang bermain di halaman sekolah tampak gembira. Mereka tetap bermain, tidak terganggu oleh sengatan matahari. Ketika bel tanda istirahat berbunyi, murid-murid berlari ke arah kelas masing-masing. Setiap murid mencari botol air minumnya. Mereka merasa kehausan setelah bermain di bawah teriknya matahari.
Edo dan teman-temannya juga bergegas menuju kelas mereka. Mereka baru saja bermain permainan bola basket yang seru. Setelah minum, mereka pergi ke toilet untuk membasuh muka dan mencuci tangan, agar badan terasa lebih segar. Di sana sudah ada beberapa teman sedang mencuci bola basket yang kotor. Mereka menampung air ke dalam ember milik penjaga sekolah, untuk mencuci bola basket. Ember itu juga sering digunakan oleh penjaga sekolah untuk menampung air guna menyiram tanaman di sekolah. Ember itu juga dipakai untuk mencuci barangbarang laboratorium sekolah setelah digunakan.
Dalam perjalanan menuju ke kelas, Edo dan kawan-kawannya mengagumi tanaman dan bunga yang tampak bermekaran. Bunga-bunga itu ditanam oleh siswa-siswa kelas VI di dalam wada-wadah berisi air. Tanaman yang ditanam di dalam air disebut tanaman hidroponik. Di hari yang sangat panas ini, sungguh terasa bahwa keberadaan air sangat penting dalam banyak aspek kehidupan di sekolah.
Dari bacaan di atas, dapatkah kamu temukan kegiatan-kegiatan yang membutuhkan air?
Kegiatan-kegiatan yang membutuhkan air antara lain sebagai berikut.
- Setiap murid mencari botol air minumnya. Mereka merasa kehausan setelah bermain di bawah teriknya matahari.
- Edo dan teman-temannya pergi ke toilet untuk membasuh muka dan mencuci tangan.
- Beberapa teman sedang mencuci bola basket yang kotor.
- Menampung air guna menyiram tanaman di sekolah dan mencuci barang-barang laboratorium sekolah setelah digunakan.
Ayo Amati
Pengamatan dan wawancara
Kamu tentu sudah mengetahui bahwa air sangat diperlukan dalam kehidupan kita. Banyak bagian dalam kehidupan kita tidak dapat berjalan dengan baik tanpa air.
Dapatkah kamu menyebutkan beberapa contoh kegiatan sehari-hari kita yang memerlukan air? Bagaimana dengan kegiatan keseharian di sekolah? Mari, kita mencari tahu. Mari kita melakukan pengamatan dan wawancara di lingkungan sekolah. Kegiatan ini juga untuk mengumpulkan data tentang kegunaan air dalam kegiatan di sekolah.
Perhatikan tabel di bawah ini. Tabel ini dapat membantumu dalam kegiatan pengamatan dan wawancara.
No. | Kegiatan yang Diamati | Narasumber |
---|---|---|
1. | Kegiatan apa yang dilakukan bapak penjaga sekolah sepanjang hari dan menggunakan air? | Bapak penjaga sekolah |
2. | Kegiatan apa yang dilakukan murid-murid di sekolah sepanjang hari dan menggunakan air? | Beberapa orang murid |
3. | Kegiatan apa yang dilakukan selama proses pembelajaran di sekolah sepanjang hari dan menggunakan air? | Beberapa orang guru |
- Ingatlah untuk membuat catatan tentang hal-hal yang perlu diamati di dalam proses pengamatanmu. Hal itu dilakukan, agar proses pengamatan lebih terarah dan data yang dikumpulkan sesuai dengan tujuan pengamatan.
- Ingatlah untuk membuat beberapa pertanyaan sebagai pedomanmu sebelum melakukan wawancara agar wawancara dapat berjalan dengan lancar.
No. | Tempat / benda yang biasa berhubungan dengan air di sekolah | Prediksiku |
---|---|---|
1. | Rumput dan tanaman di sekolah | Rumput akan mati karena kekurangan air |
2. | Toilet sekolah | Berbau dan mengganggu lingkungan |
3. | Peralatan laboratorium sekolah yang baru dipakai | Kotor dan mungkin tidak bisa digunakan lagi |
4. | Lantai kelas dan koridor yang kotor | Sangat mengganggu kenyamanan belajar mengajar |
5. | Semua anggota komunitas sekolah yang kehausan | Menyebabkan tenggorokan kering, susah berbicara |
Catatan :
- Perhatikan proporsi atau perbandingan besar dan letak benda-benda yang kamu gambar agar mendekati bentuk aslinya.
- Perhatikan juga komposisi warna yang kamu gunakan untuk mewarnai gambarmu. Komposisi warnamu akan membantu memberikan pesanmu kepada semua orang.
No. | Hal yang perlu dipersiapkan | Hal yang akan dinilai |
---|---|---|
1. | Hasil pengamatan dan wawancaramu di lingkungan sekolah tentang kegunaan air. |
|
2. | Prediksi tentang keadaan sekolah tanpa air. |
|
3. | Gambar yang menceritakan keadaan nyaman, bersih dan terawat karena keberadaan air di sekolah.? |
|
No comments:
Post a Comment
nama :