Blog Archive

Saturday, September 23, 2017

Tema 2 kelas 5 subtema 2 pembelajaran 1

Ayo Bacalah
DAUR AIR
Tahukah kamu dari mana asalnya air yang kita pakai untuk kebutuhan sehari-hari? Air yang kita pakai untuk keperluan sehari-hari itu berasal dari berbagai sumber, yaitu air yang berasal dari tetesan air hujan, air tanah, dan juga dari berbagai badan air di bumi ini. Air di bumi ini berubah wujud secara berulang-ulang dengan atau tanpa kita sadari. Proses perubahan wujud air ini terjadi dalam sebuah daur yang disebut dengan daur air.

Berikut adalah beberapa perubahan wujud air.
  1. Proses penguapan, terjadi dengan bantuan energi sinar matahari dan angin. Akibat panas dari sinar matahari, air menguap menjadi uap air.
  2. Proses pengembunan, terjadi saat uap air mengalami pendinginan dan berubah menjadi titik-titik air atau kristal air. Saat inilah partikel air membentuk awan.
  3. Proses presipitasi (pengendapan), terjadi saat partikel air tersebut jatuh ke bumi dalam bentuk hujan.
  4. Air hujan jatuh ke bumi. Sebagian air mengalir di permukaan tanah, ke sungai, laut dan danau dan ada pula yang terserap oleh bumi menjadi air tanah.
Lengkapilah peta pikiran berikut dengan menggunakan informasi dari bacaan di atas!
Suku Minang
Ayo Lakukan
Mari kita membuat bagan daur air. Perhatikan cara kerjanya:
  1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 3 atau 4 orang teman.
  2. Bacalah dan pelajari kembali bacaan daur air di atas.
  3. Lengkapilah informasimu tentang daur air dari buku-buku atau sumber lainnya.
  4. Berundinglah dengan teman sekelompokmu tentang gambar yang akan dibuat. Lalu, bagilah tugas dan pastikan setiap orang dalam kelompok menjalankan tugasnya.
  5. Gambarlah daur air di kertas gambar. Perhatikan proporsi gambar dan komposisi warna yang kamu pakai.
  6. Perhatikan proporsi dan komposisi gambar dan warna dalam gambar daur air yang akan kamu buat, agar hasilnya menarik.
  7. Berikan keterangan pada setiap tahap dalam daur tersebut.
  8. Bekerjasamalah dengan baik dan kompak. Hargai pendapat setiap anggota kelompok.
  9. Gunakan tabel untuk membantu anggota kelompok dalam bekerja.
  10. Selesaikanlah pekerjaan ini dalam waktu 30 menit.
Tabel pembagian tugas dalam kelompok.
KELOMPOK : 
No.NamaTugas yang Diberikan
1.WawanMembuat gambar awan
2Ibnu BatutaMembuat gambar daratan
3Jesril AndalanMembuat gambar perairan
4Aditya Wahyu PurwantoMemberi warna gambar
Daur Air
Presentasikan hasil gambar kelompok kalian di depan kelas. Berikan penjelasan yang jelas dan terperinci tentang daur air kepada temantemanmu. Mintalah pendapat dan saran dari teman sekelasmu mengenai gambar daur air dan penjelasan yang diberikan oleh kelompokmu. Tuliskan pendapat dan saran temanmu di buku atau kertas. Gunakan saran tersebut untuk memperbaiki pekerjaanmu.

Aku melihat ada sekitar lima siswa sedang antre di sana. Aku jadi ingin tahu, berapa kira-kira jumlah air minum bagi lima siswa tersebut jika Pak Marto mempunyai 10 botol air minum yang pada setiap botolnya berisi 2 liter air?” tanya Beni. Pertanyaan Beni bisa digambarkan melalui gambar berikut:
Beni
Dengan membuat sebuah model matematika, gambar tersebut dapat dituliskan sebagai berikut:
10 x 2 = 5 × ....
20 = 5 × ....
20 = 5 × 4

Ayo Berlatih
A. Dengan menggunakan contoh di atas, selesaikanlah soal berikut ini:
1. 24 = 0,8 × ...
24 = 0,8 x A
A = 24 / 0,8 = 30

2. 6,5 × 7,2 =A
A= 6,5 x 7,2 = 46,8

3. 0,25 × …… = 65
0,25 x A = 65
A = 65 / 0,25 = 260

4. 2,5 × …… = 49
2,5 x A = 49
A = 49 /2,5 = 19,6

B. Pecahkanlah persoalan berikut ini. Gunakan gambar dan model matematika untuk menyelesaikannya. Jangan lupa menuliskan kesimpulanmu!
1. Beni diminta oleh ayahnya untuk menghitung jumlah kursi yang diperlukan dalam acara hajatan di rumahnya. Saat itu terdapat 16 meja yang disediakan untuk para tamu. Jika tamu yang diundang berjumlah 112 orang, berapakah jumlah kursi di setiap meja?
16 x  A = 112
A = 112 : 16 =  7
Diperoleh jawaban bahwa setiap meja terdiri dari 7 buah kursi

2. Siti hendak membuat kalung dari manik-manik. Ia mempunyai 1450 buah manik-manik. Ia memerlukan 40 buah manik-manik di setiap kalung yang ia buat. Siti ingin membuat kalung yang lebih kecil yang hanya menggunakan 75% dari jumlah manik-manik di setiap kalungnya. Berapa jumlah kalung yang bisa dibuat Siti?
1.450 : (40 x 75%) = A
A = 1.450 : 30 = 48 buah kalung
Diperoleh jawaban setiap kalung terdiri dari 30 buah manik-manik, maka kalung yang dapat dibuat siti adalah 48 buah kalung dan tersisa 10 buah manik-manik.

Ayo Lakukan
Bersama dengan pasanganmu, lakukanlah kegiatan berikut!
  1. Buatlah dua buah soal matematika yang isinya mencari bilangan yang belum diketahui. Tuliskanlah setiap-setiap soal pada kertas kecil.
  2. Berikanlah kertas kecil tersebut kepada temanmu.
  3. Temanmu akan membuat sebuah soal cerita sesuai dengan soal matematika yang kamu buat.
  4. Lalu pasanganmu akan menghitungnya untuk menjawab pertanyaan tersebut.
  5. Lakukanlah kegiatan ini secara bergantian!

No comments:

Post a Comment

nama :

       ANAK KECIL                               By : Sartika Anak kecil yang berusaha berjalan sendiri,, Tergopoh gopoh menahan tubuh,, ...