TUGAS BUKU PAKET HAL 5
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MASYARAKAT YANG TINGGAL DI DAERAH BERIKLIM MUSON TROPIS
Kelebihan masyarakat yang tinggal di daerah beriklim muson tropis
|
Kekurangan masyarakat yang tinggal di daerah beriklim muson tropis
|
1. Suhu udara tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah
2. Curah hujan sangat tinggi sehingga cocok untuk pertanian
3. Cahaya matahari bersinar sepanjang tahun sehingga tanaman bisa tumbuh dengan baik
4. Tidak terjadi badai atau angin topan seperti pada iklim sedang atau subtropis
5. Adanya flora dan fauna yang beraneka ragam
6. Menjadi tujuan wisata dari wilayah subtropis karena turis membutuhkan sinar matahari untuk kesehatan kulitnya
7. Air laut yang hangat membuat kekayaan ikan melimpah sehingga menguntungkan bagi nelayan
|
1. Masyarakat menjadi malas karena semua sumber daya sudah tersedia
2. Suhu udara yang terik dan panas pada siang hari membuat masyarakat sulit beraktifitas pada siang hari
3. Sering terjadi kebakaran hutan karena udara panas pada siang hari
4. Pada musim hujan sering terjadi bencana misalnya: banjir dan tanah longsor
5. Pada musim kemarau sering terjadi kekeringan yang panjang sehingga banyak sawah yang gagal panen
|
TUGAS BUKU PAKET HAL 29
JENIS SARANA DAN PRASARANA TRANSPORTASI DI PULAU JAWA
Alat Transportasi
|
Gambar
|
Pasar Transportasi
|
Barang yang diangkut
|
Keunggulan
|
Kelemahan
|
Bendi/ andong/ delman
|
Jalan raya
|
Manusia
Barang
|
-memerlukan bahan bakar
-Ramah lingkungan
|
- Muatan sedikit
- Tidak cocok dengan daerah pegunungan
- Kurang cepat
| |
Truk
|
Jalan Raya
|
Manusia
Barang
|
- Muatan banyak
- Cepat
|
- Membutuhkan bahan bakar fosil
| |
Kereta Api
|
Rel Kereta
|
Manusia
Barang
|
- Muatan Banyak
- Cepat
|
- Membutuhkan jalan rel yang mahal
| |
Becak
|
Jalan kecil
|
Manusia
barang
|
-Tidak membutuhkan bahan bakar
|
- Lambat
- Muatan Sedikit
- Tidak cocok dengan daerah pegunungan
| |
Bis
|
Jalan Raya
|
Manusia
Barang
|
- Muatan banyak
- cepat
|
- Membutuhkan bahan bakar fosil
|
TUGAS BUKU PAKET HAL 34
JENIS SARANA DAN PRASARANA TRANSPORTASI AIR DI PULAU KALIMANTAN
Alat Transportasi
|
Gambar
|
Prasarana Transportasi
|
Benda yang diangkut
|
Keunggulan
|
Kelemahan
|
Perahu Dayung
|
• Dermaga
• Sungai
|
• Manusia
• Barang
|
•Tidak tergantung bahan bakar
|
• Jarak tempuh pendek
• Muatan sedikit
| |
Perahu boat
|
• Dermaga
• Sungai
|
• Manusia
|
- Lebih cepat
|
- tergantung pada bahan bakar
| |
Kapal Kayu
|
• Dermaga
• Sungai
|
• Manusia
• Barang
|
- Lebih cepat
- Muatan lebih banyak
|
- membutuhkan sungai luas
| |
Kapal Tongkang
|
• Dermaga
• Sungai
|
- Barang
|
- Muatan barang banyak
|
- Membutuhkan sungai yang luas
| |
Kapal feri
|
• Dermaga
• Sungai
|
• Manusia
• Barang
|
- Lebih cepat
- Muatan lebih banyak
|
- Membutuhkan sungai yang luas
|
TUGAS BUKU PAKET HAL 39
JENIS SARANA DAN PRASARANA TRANSPORTASI UDARA
Alat Transportasi
|
Gambar
|
Prasarana Transportasi
|
Benda yang diangkut
|
Keunggulan
|
Kelemahan
|
Helikopter
|
Helipad
|
- Manusia
- Barang
|
- Dapat terbang rendah
- Cepat
- Gesit
|
- Jumlah barang sedikit
- Berbahaya pada cuaca buruk
| |
Seaplane
|
Air
|
- Manusia
- Barang
|
- Dapat terbang di lintasan air
- cepat
|
- jumlah penumpang sedikit
- berbahaya jika cuaca buruk
- tidak bisa terbang pada landasan darat
| |
Balon Udara
|
Tanah lapang
|
- manusia
- barang
|
- bisa lepas landas dimana saja
|
- lambat
- jumlah muatan sedikit
- mudah terbakar
| |
Pesawat Komersial
|
Bandara
|
- Manusia
- barang
|
- Besar dan muatan banyak
- cepat dan jarak jauh
|
- membutuhkan bandara sebagai tempat lapas landas
- tergantung bahan bakar fosil
| |
Light Aircraft (pesawat dengan muatan kecil)
|
Bandara
|
- manusia
|
- cepat
- gesit
|
- muatan sedikit
- Berbahaya pada cuaca buruk
| |
Pesawat kargo
|
Bandara
|
- Barang
|
Besar dan muatan banyak
- cepat dan jarak jauh
|
- hanya untuk pengiriman barang
- membutuhkan bandara sebagai tempat lapas landas
- tergantung bahan bakar fosil
|
TUGAS BUKU PAKET HAL 43
JENIS, DAMAPAK, PENYEBAB DAN PEYELESAIAN KECELAKAAN
Jenis kecelakaan
|
Gambar
|
Dapak kecelakaan
|
Penyabab manusia
|
Penyabab sarana
|
Penyebab prasarana
|
penyelesaian
|
Tabrakan sepeda motor
|
-luka
-meninggal
|
-mengantuk
-lalai
- kurang focus
-tidak taat peraturan
|
-kendaraan tidak layak
-rem blong
|
-Jalan rusak
-tidak ada pembatas jalan
|
-diperbanayak polentas
- memperbanyak rambu2 lalin
-harus menaati peraturan
| |
Tabrakaan mobil
|
-luka
-meninggal
|
-mengantuk
-lalai
- kurang focus
-tidak taat peraturan
|
-kendaraan tidak layak
-rem blong
|
-Jalan rusak
-tidak ada pembatas jalan
|
-diperbanayak polentas
- memperbanyak rambu2 lalin
-harus menaati peraturan
| |
Tabrakan kereta api
|
-luka
-meninggal
|
-mengantuk
-lalai
- kurang focus
-tidak taat peraturan
|
-kendaraan tidak layak
-rem blong
|
-rusak/tidak ada portal penghalang
|
- memperbanyak rambu2 lalin
-harus menaati peraturan
-menambah petugas portal
- menambah/ memperbaiki portal
| |
Pesawat jatuh
|
-luka
-meninggal
|
-Pilot mengalami disorientasi
-pembajakan
|
-Kerusakan pada struktur pesawat
|
-cuaca buruk
|
-melatih pilot supaya lebih professional
-mengetahui wilayah terlebih dahulu
-mengecek pesawat sebelum terbang
| |
Kapal tenggelam
|
-luka
-meninggal
|
-jumlah penumpang yang tidak sesuai dengan kapasitas
- ABK salah pengartikan perintah kapten
|
-desain kapal yang tidak sesuai dengan standarisasi yang telah ditetapkan
|
-cuaca buruk
-gelombang pasang tinggi
|
-melatih ABK lebih professional
-mengecek kaadaan kapal
-mengerti situasi dan kondisi
|
TUGAS BUKU PAKET HAL 45-46
IDENTIFIKASI JENIS TRANSPORTASI DAN BENTUK KELMBAGAAAN EKONOMI SARANA TRANSPORTASI
No.
|
Jenis Transportasi
|
Alat Transportasi
|
Nama Perusahaan
|
Bentuk Kelembagaan Ekonomi
|
1.
|
Darat
|
Bis kota
|
Koperasi Angkutan Kota (Kopata)
|
Koperasi
|
Taksi
|
Cipaganti, Bluebird
|
Perusahaan Swasta
| ||
Bis Antar Kota
|
Akas, Kramat Jati
|
Perusahaan swasta
| ||
Bis kota
|
Damri
|
BUMN
| ||
2
|
Laut
|
Kapal Penyeberangan antar pulau
|
Pelni
|
BUMN
|
Kapal kargo
|
PT. CLS LOGISTIC
|
Perusahaan swasta
| ||
Kapal Ferry
|
PT. ASDP INDONESIA FERRY
|
BUMN
| ||
Kapal Feri
|
PT. Dharma Lautan Utama
|
Perusahaan swasta
| ||
3
|
Udara
|
Pesawat Penumpang
|
Garuda Indonesia
|
BUMN
|
Pesawat Perintis
|
Merpati Nusantara
|
BUMN
| ||
Pesawat penumpang
|
Lion Air
|
Perusahaan Swasta
| ||
Pesawat Penumpang
|
Air Asia
|
Perusahaan Swasta
|
TUGAS BUKU PAKET HAL 50
KELEMAHAN DAN KELEBIHAN KOMUNIKASI YANG DILAKUKAN MELALUI SIMBOL DAN SURAT MENYURAT
Jenis Komunikasi
|
Gambar
|
Kelebihan
|
Kekurangan
|
Kegunaan pada masa sekarang
|
Surat
|
- Lebih berkesan
- Lebih resmi
|
- Waktu pengiriman lama
- biaya mahal
- tidak praktis
|
- Untuk pengiriman dokumen-dokumen penting
- untuk pengiriman kartu ucapan pada hari besar
| |
Kentongan
|
- Hemat energi
- informasi cepat
|
- Jangkauannya sempit
- Informasi terbatas
|
- untuk peringatan bencana alam
- peringatan adanya tindakan kriminal
| |
Morse/simbol
|
- kerahasiaan terjamin
|
- infomasi terbatas
- Jangkauannya sempit
|
- untuk kegiatan pramuka
- peringatan bencana
- untuk kegiatan kelautan
- untuk kegiatan militer
| |
Telegram
|
- informasi cepat
|
- Informasi terbatas
- biaya mahal
|
- kantor pos
- berita pada wilayah terpencil
| |
Wesel pos
|
- Mengirim uang tanpa rekening bank
|
- Hanya bisa dilakukan di kantor pos
- waktu lama
|
- untuk pengiriman uang di daerah terpencil
| |
SEMAPUR
|
- Memberi tanda jarak jauh
- hemat energi
|
- infomasi terbatas
- Jangkauannya sempit
|
- untuk kegiatan pramuka
|
TUGAS BUKU PAKET HAL 53.
DAMPAK PERKEMBANAGAN KEMAJUAN TEKNOLOGI INTERNET
Bidang Kehidupan
|
Gambar
|
Dampak Positif
|
Dampak Negatif
|
Upaya Mengatasi
Dampak Negatif
|
Agama
|
- Mudah dalam mencari literatur atau informasi yang berhubungan dengan agama
- Bisa melakukan diskusi tentang agama pada forum di internet
- Mempermudah dakwa atau syiar agama melalui internet
|
- Terkikisnya nilai-nilai agama karena konten / isi internet yang cenderung bebas dan tidak terkontrok
- banyaknya isi internet yang bertentangan dengan nilai agama, Misalnya : judi, pornografi dan penipuan
|
- Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Melakukan kontrol dari orang tua, masyarakat dan pemerintah
| |
Ekonomi
|
- Mempermudah perdagangan via online (online shop) jadi pembeli bisa membeli dari rumah
- mudah mencari informasi tentang harga barang dan komoditi
- mempermudah komunikasi dan perjanjian perdagangan antar negara
|
- Adanya penipuan yang dilakukan pedagang online (online shop) atau barang yang dikirim tidak sesuai dengan gambar di internet
- Adanya penyalahgunaan atau pemakaian kartu kredit seseorang dengan membajak no pinya untuk digunakan untuk kepentingan pribadi (biasanya disebut carding)
|
- Perlu ada undang-undang perlindungan konsumen pada online shop
- Perlu ada perlindungan hukum lintas negara untuk tata transaksi online sehingga tidak terjadi penyalahgunaan dan penipuan yang merugikan secara ekonomi
| |
Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan
|
- Mempercepat perkembangan ilmu pengetahuan dan tenologi
- memudahkan pelajar untuk mencari informasi dan ilmu pengetahuan
- terjadi pertukaran ilmu pnegetahuan dan teknologi antar negara
|
- Berkembangnya teknologi negatif, misalnya : adanya virus komputer, spam email dan pencurian data
|
- Perlu ada kontrol dari negara untuk membatasi isi atau konten internet yang negatif dan menghukum orang menyalahgunakan internet
| |
Sosial Budaya
|
- Mudah untuk mempromosikan budaya nasional ke luar negeri
- terjadi percepatan perubahan budaya yang bersifat dinamis
- mudah mempelajarai budaya dari daerah atau negara lain
|
- masuknya budaya asing yang merusak dengan mudah
- terkikisnya budaya nasional karena masuknya budaya asing ke negara kita
|
- perlu adanya pembatasan konten internet yang berisi informasi tentang budaya asing yang negatif
- penguatan budaya nasional dengan adanya sekolah atau festival budaya nasional
|
TUGAS BUKU PAKET HAL 60
KEKAYAAN ALAM BERUPA PERKEBUNAN DAN PERTANIAN DI PROVINSI INDONESIA
No.
|
Provinsi
|
Kekayaan Pertanian
dan Perkebunan
|
Gambar
|
Kegiatan Pemanfaatan
|
1.
|
Sumatra Utara
|
Perkebunan karet
|
Pembuatan ban
| |
2.
|
Jawa Timur
|
Tebu
|
Pembuatan gula
| |
3.
|
Jawa Tengah
|
Padi
|
Bahan Makanan Pokok
| |
4.
|
Papua
|
Sagu
|
Bahan Makanan Pokok
| |
5.
|
Jawa Barat
|
jagung
|
Bahan Makanan Pokok
| |
6.
|
Lampung
|
lada hitam
|
Untuk bahan makanan
| |
7
|
Maluku
|
Cengkeh
|
Untuk bahan pembuatan obat
| |
8
|
Jambi
|
Karet
|
Pembuatan ban
| |
9
|
Kalimantan Timur
|
Kelapa Sawit
|
Pembuatan Minyak Goreng
| |
10
|
Kalimantan Barat
|
lidah buaya
|
Untuk kosmetik
|
TUGAS BUKU PAKET HAL 75
KEGIATAN KERJA PAKSA PADA MASA BELANDA
No.
|
Nama Proyek
|
Gambar
|
Tempat
|
Bentuk Kerja Paksa
|
1
|
pabrik senjata
|
Semarang dan Surabaya
|
Kerja Rodi tidak diberi gaji
| |
2
|
pangkalan armada
|
Anyer dan Ujung Kulon
|
Kerja Rodi tidak diberi gaji
| |
3
|
jalan raya dari Anyer hingga Panarukan, sepanjang kurang lebih 1.100 km
|
Anyer sampai Panarukan
|
Kerja Rodi tidak diberi gaji
| |
4
|
Benteng pertahanan
|
Benteng Pendem Cilacap
|
Kerja Rodi tidak diberi gaji
|
TUGAS BUKU PAKET HAL 81
PERANG ATAU PERLAWANAN KERAJAAN DI BERBAGAI DAERAH
No.
|
Perlawanan
Rakyat
|
Penyebab
|
Jalannya Perlawanan
|
Akhir Perlawanan
|
1.
|
Perlawanan Sultan
Baabullah
|
- monopoli perdagangan rempah-rempah oleh Portugis
- Pembunuhan Sultan Khairun oleh Portugis
|
- Kematian Sultan Khairun yang tragis membuat rakyat Maluku Marah menobatkan Kaicil Baab menjadi Sultan Ternate yang bergelar Sultan Baabullah Datu Syah.
- Perang Jihad diumumkan di seluruh negeri.
- dibawah panjinya Sultan Baabullah mampu mengerahkan 2000 kora – kora dan 120.000 prajurit.
- Benteng – benteng Portugis di Ternate yaitu Tolucco, Santo Lucia dan Santo Pedro bisa dikuasai dan hanya menyisakan Benteng Sao Paulo. Atas perintah Baabullah pasukan Ternate mengepung benteng Sao Paulo dan memutus hubungannya dengan dunia luar termasuk didalamnya mengurangi suplai makanan.
|
tanggal 15 Juli 1575, bangsa Portugis pergi dengan memalukan dari Ternate. Mereka kemudian pergi ke Malaka dan sebagian lagi ke Timor menjajah hingga 400 tahun kemudian.
|
2.
|
Perlawanan Mataram terhadap VOC
|
1619 VOC bisa menguasai Jayakarta yang belum ditaklukkan Mataram, dan merubah namanya menjadi Batavia.
|
Tahun 27 Agustus 1628 serdadu Mataram yang dipimpin Tumenggung Bahureksa, bupati Kendal sampai di Batavia. Kemudian Pasukan ke-2 tiba pada bulan Oktober dikomando oleh Pangeran Mandurareja (cucu Ki Juru Martani). Sehingga jumlah Total semua pasukan yaitu 10.000 prajurit. Perang dasyat terjadi di benteng Holandia. Pasukan Mataram kalah dikarenakan kurang perbekalan.
|
Sultan Agung menyerang kembali Batavia untuk yang kedua kali di tahun berikutnya. Dengan semua 14.000 orang prajurit. Kegagalan pada serangan pertama diatasi dengan cara membangun lumbung-lumbung padi di daerah Karawang dan Cirebon. Namun pihak VOC sukses mengalahkannya.
|
3.
|
Perlawanan
Kerajaan Aceh
|
26 Maret 1873 Belanda mendeklarasikan perang terhadap Aceh, dan mulainya dengan melepaskan tembakan meriam Aceh dari kapal perang Citadel van Antwerpen.
|
- Perang Aceh I (1873-1874) dikomando Panglima Polim dan Sultan Mahmud Syah melawan Belanda yang dikomando Köhler. Köhler dengan 3000 pasukannya bisa dikalahkan, dan Köhler sendiri meninggal tanggal 14 April 1873.
- Perang Aceh II(1874-1880). serdadu Belanda dikomando Jenderal Jan van Swieten. Belanda sukses menguasai istana Sultan, 26 Januari 1874, dan menjadi pusat pertahanan Belanda. Pada 31 Januari 1874 Jenderal Van Swieten mendeklarasikan yaitu seluruh Aceh menjadi bagian dari Kerajaan Belanda.
- Perang III (1881-1896), perang diteruskan dengan gerilya dan semangat perang fisabilillah. Dimana sistem perang gerilya ini dilangsungkan sampai tahun 1903. Pada 1899 pada saat ada penyerbuan mendadak dari pihak Van der Dussen di Meulaboh, Teuku Umar gugur. Perjuangan diteruskan oleh Cut Nyak Dhienyang merupakan istri Teuku Umar kemudian memegang komandan perang gerilya.
- Perang IV (1896-1910) yaitu perang gerilya oleh kelompok dan perorangan yang berbentuk perlawanan, penyerbuan, penghadangan dan pembunuhan tanpa kepemimpinan dari Kesultanan.
|
- Cut Nya Dien bisa ditangkap, kemudian diasingkan ke Sumedang.
- Sultan Muhammad Daud Syah menyerahkan diri kepada pihak Belanda di tahun 1903
|
TUGAS BUKU PAKET HAL 84
PENINGGALAN PADA MASA HINDIA BELANDA DI PULAU JAWA
No.
|
Nama
Peninggalan
|
Gambar
|
Isi Peninggalan
|
Kondisi
Peninggalan
|
Hubungan
dengan
Peristiwa
|
1.
|
Gowa Selarong
di Yogyakarta
|
1. Tempat ibadah
2. Bekas tempat tinggal Pangeran Diponegoro dan pasukannya
|
1. Sangat Terawat
2. Sering ada kunjungan masyarakat
|
Perang
Diponegoro
| |
2.
|
Jembatan Merah
|
Jembatan Sungai kalimas Surabaya
|
Kondisi sangat bagus dan terawat dan masih digunakan sampai sekarang
|
Tempat pertempuran Arek-arek Surabaya melawan Sekutu
| |
3.
|
tugu Proklamasi
|
1. Patung Presiden Sukarno dan Wakil Presiden Moh. Hatta Sedang membaca Naskah Proklamasi
|
Sangat Baik dan banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia
|
Tempat pembacaan Naskah Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945
| |
4
|
Lapangan Ikada (sekarang kawasan Monas)
|
Terdapat taman dengan Tugu Monumen Nasional atau Monas
|
Sangat Baik dan banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia
|
Rapat Raksasa Lapangan Ikada pada tanggal 19 September 1945, ketika presiden Sukarno berpidato di hadapan ribuan rakyat dalam rangka memperingati 1 bulan proklamasi
|
Nama Perlawanan : Perang Saparua di Ambon
No
|
Nama Tokoh
|
Gambar
|
Peran dalam Peristiwa Nilai
|
Keteladanan
|
1
|
Thomas Matulesi
|
Pemimpin Perjuangan
|
Sikap Pantang menyerah dan pemberani
| |
2
|
Christina Martha Tiahahu
|
Pejuang Wanita
|
Pemberani dan selalu berjuang pantang menyerah
|
Nama Perlawanan : Perang Paderi di Sumatra Barat
No
|
Nama Tokoh
|
Gambar
|
Peran dalam Peristiwa Nilai
|
Keteladanan
|
1
|
Tuanku Imam Bonjol
|
Ulama dan Pemimpin perjuangan
|
Memegang teguh ajaran agama dan gigih memperjuangkan kemerdekaan
|
Nama Perlawanan : Perang Diponegoro 1825-1830
No
|
Nama Tokoh
|
Gambar
|
Peran dalam Peristiwa Nilai
|
Keteladanan
|
1
|
Pangeran Diponegoro
|
Pemimpin perjuangan
|
Pantang menyerah dan sangat melindungi rakyat jelata
|
Nama Perlawanan : Perang Aceh
No
|
Nama Tokoh
|
Gambar
|
Peran dalam Peristiwa Nilai
|
Keteladanan
|
1
|
Sultan Iskandar Muda
|
Sultan dan pemimpin perjuangan
|
Pemimpin yang melindungi rakyatnya
Pejuang yang gigih
Pantang menyerah
| |
2
|
Tengku Umar
|
Pemimpin Perang gerilya
|
Pantang menyerah
Jujur
Memperjuangkan kemerdekaan
| |
3
|
Cut Nyak Dien
|
Pemimpin Wanita Aceh
|
Pemimpin yang melindungi rakyatnya
Pejuang yang gigih
Pantang menyerah
|
Nama Perlawanan : Perlawanan Sisingamangaraja di Sumatra Utara
No
|
Nama Tokoh
|
Gambar
|
Peran dalam Peristiwa Nilai
|
Keteladanan
|
1
|
Sisingamangaraja XII
|
Pemimpin perjuangan
|
Pemimpin yang melindungi rakyatnya
Pejuang yang gigih
Pantang menyerah
|
Nama Perlawanan : Perang Banjar
No
|
Nama Tokoh
|
Gambar
|
Peran dalam Peristiwa Nilai
|
Keteladanan
| ||
1
|
Pangeran Antasari
|
Pemimpin perjuangan
|
Pemimpin yang melindungi rakyatnya
Pejuang yang gigih
| |||
2
|
Prabu Anom
|
----
|
Pemimpin perjuangan
|
Berjuang pantang menyerah
| ||
3
|
Pangeran Hidayat
|
Pemimpin perjuangan
|
Berjuang pantang menyerah
| |||
<script data-ad-client="ca-pub-5670794876708224" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
Nama Perlawanan : Perang Jagaraga di Bali
No
|
Nama Tokoh
|
Gambar
|
Peran dalam Peristiwa Nilai
|
Keteladanan
|
`1
|
Raja Buleleng
|
Pemimpin perjuangan
|
Berjuang pantang menyerah
|
No comments:
Post a Comment
nama :