Blog Archive

Sunday, September 24, 2017

Tema 2 kelas 5 subtema 3 pembelajaran 4

Pada suatu pagi, Edo dan teman-temannya beristirahat seusai mengikuti kegiatan peringatan Hari Sumpah Pemuda di sekolah. Mereka mendiskusikan maksud dan tujuan peringatan ini.

Ayo Bacalah
Sejarah Sumpah Pemuda
Pada tahun 1928, sebuah organisasi kepemudaan bernama Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia mencetuskan gagasan untuk membuat sebuah kongres untuk pemuda dari seluruh Indonesia. Kongres ini bertujuan menghidupkan dan menyatukan semangat kebangsaan Indonesia pada diri para pemuda.

Pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928 terlaksanalah kongres pemuda yang dihadiri oleh perwakilan para pemuda dari berbagai daerah di Indonesia, yaitu Jong Java, Jong Batak, Jong Celebes, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamiten Bond, Jong Ambon, Perwakilan Pemuda Tionghoa, Pemuda Kaum Betawi dan banyak lagi. Di dalam kongres tanggal 28 Oktober 1928 itu mereka membuat dan mengikrarkan Sumpah Pemuda yang berisi:
  1. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia
  2. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
  3. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia
Pada kongres tanggal 28 Oktober itu juga diperdengarkan dan dikukuhkan lagu ciptaan seorang pemuda bernama WR Supratman yang kemudian dikenal sebagai lagu kebangsaan Indonesia. Lagu dan hasil kongres itu, pada keesokan harinya, dimuat dalam salah satu artikel koran Indonesia yang bernama Koran Sin Po. Pihak penjajah kemudian melarang ikrar sumpah pemuda dan lagu Indonesia Raya disebarkan. Akan tetapi. sikap patriotisme dan nasionalisme para pemuda telah tumbuh dengan kuat. Mereka tetap menyebarkan dan menyanyikannya sebagai lagu kebangsaan.

Para tokoh kongres sumpah pemuda adalah: Sugondo Joyopuspito, Moh. Yamin, Amir Syarifuddin, Johanes Leimana, dan banyak lagi. Di kemudian hari, ternyata, mereka menjadi pemimpin perjuangan Indonesia di berbagai daerah pada berbagai bidang untuk mengusir penjajah. (Sumber: id.wikipedia.org/wiki/Sumpah_Pemuda)

Bagaimana menurutmu Kongres Pemuda Indonesia tahun 1928 itu? Bagaimanakah keadaan kongres yang dihadiri para pemuda pemudi dari daerah yang berbeda-beda bahasa, adat istiadat, agama tetapi satu bangsa itu? Adakah hal-hal yang ingin kamu ketahui tentang kongres itu? Lakukanlah beberapa perintah di bawah ini:
  1. Telaahlah kembali bacaan di atas dan buatlah pertanyaan-pertanyaan penting dan menarik seputar kongres pemuda itu dan peringatannya dari tahun ke tahun.
  2. Tuliskanlah pertanyaanmu di dalam Kartu Tanya. Tempelkanlah Kartu Tanyamu pada dinding kelas.
  3. Kamu dan teman-temanmu dapat setiap saat membaca pertanyaanpertanyaan itu. Selama pembahasan topik ini berlangsung, kita akan bersamasama mencari jawaban untuk setiap pertanyaanmu.
Kartu Tanya
  1. Apa peran sumpah pemuda bagi kemerdekaan Indonesia?
  2. Siapa saja tokoh yang terlibat dalam Sumpah Pemuda?
  3. Bagaimana Proses pelaksanaan sumpah pemuda?
  4. Apa saja yang melatar belakangi pembentukan sumpah pemuda?
Apakah kamu menemukan kata-kata baru dari bacaan di atas? Tuliskanlah katakata baru yang kamu temukan dalam catatan kosakata barumu. Gunakan kamus untuk menemukan arti kata-kata itu. Kamu juga dapat mendiskusikan makna katakata baru itu dengan teman-temanmu.
Kosakata
Kata-Kata Baru/SulitMakna KataContoh Kalimat
KongresPertemuan besar para wakil organisasi (politik, sosial, profesi) untuk mendiskusikan dan mengambil keputusan mengenai pelbagai masalah; muktamar; rapat besar;Pada tahun 1928 Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia mencetuskan gagasan untuk membuat sebuah kongres pemuda.
IkrarJanji yang sungguh-sungguhPada  tanggal 28 Oktober 1928 itu mereka membuat dan mengikrarkan Sumpah Pemuda
Patriotismesikap seseorang yang bersedia mengorbankan segala-galanya untuk kejayaan dan kemakmuran tanah airnya; semangat cinta tanah air: Ketika globalisasi dan berkembangnya teknologi informasi telah mengakibatkan pudarnya rasa Nasionalisme dan Patriotisme
NasionalismePaham (ajaran) untuk mencintai bangsa dan negara sendiri; sifat kenasionalan:Rasa nasionalisme identik dengan rasa solidaritas terhadap musibah dan kekurang-beruntungan saudara setanah air
Jong AmbonJong Ambon adalah organisasi kepemudaan Ambon pada masa pergerakan nasional sebelum Sumpah Pemuda.Salah satu tokoh Jong Ambon yang terkenal adalah Johannes Leimena.
Ayo Lakukan
Mari, Bermain Peran
Kisahkanlah kembali peristiwa kongres pemuda tahun 1928 itu dalam sebuah drama singkat bersama teman-teman sekelasmu. Hal-hal yang harus kamu persiapkan adalah:
  1. Bacalah kembali bacaan tentang Sejarah Sumpah Pemuda di atas!
  2. Buatlah sebuah skenario drama pendek tentang Sejarah Sumpah Pemuda. Sesuaikan jumlah anggota kelompok dengan jumlah tokoh yang akan diperankan.
  3. Berlatihlah dengan penuh penghayatan
  4. Tampilkanlah dramamu di depan kelas dengan penuh percaya diri.
  5. Selamat berkreasi!
“Sumpah pemuda mempunyai arti yang sangat mendalam dalam proses pencarian jati diri bangsa Indonesia terutama pada masa sebelum kemerdekaan. Sumpah pemuda merupakan sebuah bukti autentik bagaimana bangsa Indonesia dilahirkan.”

“Rapat kedua, Minggu, 28 Oktober 1928, di Gedung Oost-Java Bioscoop, pukul 08.00 sampai pukul 12.00. Peserta Kongres Pemuda II ini berasal dari berbagai wakil organisasi pemuda, seperti Jong Java, Jong Ambon, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Sekar Rukun, PPPI, Pemuda Kaum Betawi, dll.”
Soegondo:“Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Dengan berkumpulnya kita sekarang, saya berharap kongres ini dapat memperkuat semangat persatuan dalam sanubari para pemuda”
M Yamin:“Selain itu saudaraku sekalian, ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia; yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan.”
Amir Syarifudin:“Anak-anak Indonesia, harus mendapat pendidikan kebangsaan yang layak. Harus pula ada keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah. Anak harus dididik secara demokratis.”
J Leimena:“Pemuda-pemuda zaman sekarang, harus memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. Dengan itu, kita sebagai pemuda bangsa Indonesia akan memiliki kekuatan dan keteguhan melawan semua bentuk penjajahan di negeri ini.”
W.R. Soepratman maju ke depan forum dengan membawakan lagu Indonesia Raya diiringi biolanya. Para peserta kongres terpukau mendengarnya.) Lagu Indonesia Raya diisi oleh instrumen biola (Soegondo sebagai ketua panitia kongres mengumumkan adanya hasil kongres)
Soegondo:Setelah dua hari ini kita berkumpul untuk mengemukakan semua ide dan pemikiran kita, tibalah saatnya hari ini kita umumkan hasil dari kongres ini.”
M Yamin:(M. Yamin maju dan membacakan isi sumpah pemuda)
ERTAMA.
KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATU, TANAH INDONESIA.
KEDOEA.
KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA.
KETIGA.
KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA MENGAKOE MENDJOENDJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA.
Keesokan harinya Sumpah Pemuda, dimuat dalam salah satu artikel koran Indonesia yang bernama Koran Sin Po. Pihak penjajah kemudian melarang ikrar sumpah pemuda dan lagu Indonesia Raya disebarkan. Akan tetapi. sikap patriotisme dan nasionalisme para pemuda telah tumbuh dengan kuat. Mereka tetap menyebarkan dan menyanyikannya sebagai lagu kebangsaan.

Bacalah
Cinta Tanah Air
Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Pahlawanlah yang telah berjuang membela negara dari penindasan dan penguasaan para penjajah. Para pahlawan melakukannya karena kecintaan mereka pada rakyat dan bangsanya. Mereka telah kehilangan harta, benda, dan bahkan nyawa dalam perjuangan membela tanah air.

Rasa cinta tanah air sebaiknya dimiliki setiap warga negara, baik pada saat negaranya sedang berperang maupun pada saat damai. Cinta tanah air dapat diwujudkan dengan berbagai cara. Dari cara yang paling sederhana yaitu dengan merawat lingkungan sekitar, hingga maju ke medan perang untuk negara.

Mencintai bangsa dan negara merupakan salah satu tanggung jawab yang dimiliki oleh siswa. Selain itu, masih ada beberapa hal lain yang menjadi tanggung jawab seorang siswa. Misalnya, siswa memiliki tanggung jawab atas kemajuan dan keberhasilannya dalam pembelajarannya di sekolah. Siswa memiliki tanggung jawab menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya dengan baik. Siswa juga memiliki tanggung jawab atas semua tindakan yang dilakukannya dengan kesadaran penuh.

Apakah kamu tahu contoh tanggung jawab lain yang dimiliki siswa? Berikut ini, kamu akan melaksanakan salah satu tanggung jawabmu sebagai siswa. Kamu menyusun dan membuat “Janji Siswa”. Janji siswa ini dapat kamu tuliskan menyerupai ikrar sumpah pemuda. Tuliskanlah dengan huruf yang indah, percantiklah dengan menggunakan tinta warna-warni. Lalu tempelkanlah pada dinding kelasmu.

Inilah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk mempersiapkannya:
Janji SIswa
  1. Berdiskusilah dengan teman sebangkumu. Buatlah daftar tugas dan tanggung jawab siswa yang kamu ketahui.
  2. Pilihlah tiga sampai lima butir dari daftar yang kamu buat, yang menurutmu paling penting.
  3. Buatlah butir-butir yang telah dipilih itu menjadi beberapa kalimat yang singkat dan sederhana.
  4. Tuliskanlah dalam kertas “janji siswa” mu
  5. Hiasi kertas “janji siswamu” dan bersiaplah untuk membacakannya di depan kelas.
  6. Tempelkanlah hasil karyamu di dinding kelasmu
Ayo Berlatih
Dengan mengandaikan jumlah pemudi adalah p, maka persoalan di atas dapat dijelaskan dengan menggunakan persamaan sebagai berikut
a. Jumlah pemuda
p + 50
b. Jumlah peserta kongres (pemuda dan pemudi)
p + (p + 50)
c. Jika p = 20, berapakah jumlah peserta kongres pemuda itu?
Total jumlah orang = p + (p + 50)
= 2p + 50
= (2 × 20) + 50
= 40 + 50
= 90
Jadi, jika dalam kongres tersebut terdapat 20 pemudi, maka jumlah peserta kongres seluruhnya adalah 90 orang.

Dengan menggunakan pola yang sama, jawablah soal-soal berikut ini.
Tentukan nilai dari persamaan berikut, untuk q = 20.
1. 10q – 89 = 10 x 20 - 89 = 200 - 89 = 111
2. (125 – q): 7 = (125 - 20) : 7 = 105 : 7 = 15
3. (11q : 4) + 25 = (11 x 20 : 4) + 25 =  220 : 4 + 25 = 55 + 25 = 80
4. (14q + 80) : 30 = (14 x 20+80) : 30 = (280 + 80) : 30 = 360 : 30 = 12

No comments:

Post a Comment

nama :

       ANAK KECIL                               By : Sartika Anak kecil yang berusaha berjalan sendiri,, Tergopoh gopoh menahan tubuh,, ...